Sabtu, 27 Desember 2008

Bentuk-bentuk Normal (Normal Form) Yang Lain

Bentuk-bentuk Normal (Normal Form) Yang Lain


Selain BCNF dan 3NF, masih ada sejumlah Bentuk Normal (Normal Form) yang lainnya. Bentuk Normal yang lain ini memang bukan bagian utama dalam penerapan normalisasi, tetapi tetap dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tabel dan basis data yang lebih baik lagi.


  1. Bentuk Normal Tahap Pertama

Bentuk Normal Tahap Pertama (1NF) terpenuhi jika sebuah tabel tidak memiliki Atribut Bernilai Banyak (Multivalued Attribute) atau lebih dari satu atribut dengan domain nilai yang sama.


2. Bentuk Normal Tahap Kedua

Bentuk Normal Tahap Kedua (2NF) terpenuhi jika pada sebuah tabel, semua atribut yang tidak termasuk dalam key primer memiliki ketergantungan fungsional (KF) pada key primer secara utuh. Sebuah tabel dikatakan tidak memenuhi 2NF, jika ketergantungannya hanya bersifat parsial (hanya tergantung pada sebagian dari key primer).


3. Bentuk Normal Tahap Keempat dan Bentuk Normal Tahap Kelima

Bentuk Normal Tahap Keempat (4NF) berkaitan dengan sifat Ketergantungan Banyak Nilai (Multivalued Devendency) pada suatu tabel yang merupakan pengembangan dan Ketergantungan Fungsional. Sedangkan Bentuk Normal Tahap Kelima (merupakan nama lain dari Project-Join Normal Form/PJNF) berkenaan dengan Ketergantungan Relasi antar Tabel (Join Dependency).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar